10 Principles of Good Buying

 

Peter Smith dalam bukunya “Good Buying” menyarankan 10 prinsip jika sebuah bisnis ingin meningkatkan daya saing mereka melalui proses pembelian/ procurement-nya, yaitu:

1. Para supplier Anda berkontribusi pada penciptaan daya saing dan pencapaian tujuan organisasi.

2. Anda perlu memahami bagaimana setiap kategori pengeluaran (spend category) berkontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi, dan lakukan pembelian untuk setiap kategori dengan tepat.

3. Data merupakan hal yang sangat penting untuk kinerja pembelian yang baik.

4. Tentukan proses pembelian yang jelas dan sesuai kebutuhan. Gunakan teknologi untuk mendukung proses. Seimbangkan antara kemudahan penggunaan dengan kontrol dan ketelitian.

5. Tetapkan kebijakan pembelian yang jelas dan komunikasikan. Pastikan difahami oleh semua pihak yang terlibat, dan ambil tindakan jika ada yang tidak mematuhi kebijakan tersebut.

6. Tentukan dengan cermat apa yang Anda inginkan (spesifikasi) dan usahakan selalu mendapatkan nilai (value) serta inovasi dari para supplier Anda.

7. Pahami para supplier kunci Anda.

8. Iklim persaingan akan selalu membawa dampak yang baik dalam pembelian.

9. Pekerjaan pembelian belumlah selesai ketika kontrak disepakati.

10. Setiap orang yang berperan dalam proses pembelian dalam bisnis Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai, untuk mendapatkan yang terbaik dari supplier Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Kraljic Matrix

Kompetensi Penting untuk Procurement Professional

Merespon Kenaikan Harga